Banyak orang berusaha keras mencari solusi, melengkapi diri dengan pendidikan tinggi dan ‘alat-alat sakti’ yang telah diakui diseluruh dunia. Namun tidak sedikit yang kehilangan ‘ketulusan’ untuk membantu orang lain mencapai tujuannya, dan lebih sibuk meyakinkan orang lain bahwa ‘caranya’ lah yang terbaik.

Para pemimpin mencari solusi bukan untuk membuktikan bahwa gagasannya yang benar, namun untuk membantu agar orang-orang mampu mencapai tujuan mereka, dengan apapun yang mereka miliki, sesederhana apapun itu. (Samisinau)


 
Siapa bilang mengurus lingkungan itu mudah...?, para pengurus RT/RW dituntut untuk memahami beragam karakter warga masyarakat. Tidak saja menghadapi beragam perlilaku warga yang menjadi tantangannya, mereka juga dituntut untuk hadir setiap saat dibutuhkan.

Para pengurus RT/RW adalah individu yang juga memiliki tugas dan tantangan pribadi sebagai warga masyarakat. Dinamika kota besar seperti Jakarta mengharuskan setiap individu untuk menghadapi ‘ketidakpastian’ dan kerasnya kompetisi penghidupan, tidak peduli apakah Anda warga asli, pendatang, termasuk pengurus RT/RW. Lantas bagaimana menyeimbangkan antara tuntutan pribadi dan tugas.... ?